Dinas Koperasi dan UKM Jatim Gelar Kreasi Pemuda Koperasi (GALAKSI)

Warta Metropolis Jatim, Dalam rangkah memperingati HUT Koperasi ke 72 tingkat Provinsi Jawa Timur, Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur kegiatan Gelar Kreasi Pemuda Koperasi  (GALAKSI).

Dalam rangkaian kegiatan yang bernuansa peningkatan jati diri koperasi serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan guna memperingati Hari Koperasi ke 72 tahun 2019 tingkat Provinsi Jawa Timur.

Gelar kegiatan tersebut bertujuan untuk mencetak kader-kader koperasi yang tangguh, kreatif dan mandiri serta adaptif terhadap perkembangan jaman dimulai sejak di bangku sekolah dan mahasiswa.

Kegiatan Gelar Kreasi Pemuda Koperasi (GALAKSI) tersebut diharapkan menjadi media wahana untuk menanamkan nilai-nilai kebersamaan dan kemandirian koperasi kepada siswa SLTA dan Mahasiswa di alam terbuka.

Gelar Kreasi Pemuda Koperasi digelar ada hari Kamis - Sabtu, 25 - 27 April 2019 di Taman Wisata Kebun Teh “Wisata Agro Wonosari” Lawang Malang.

Berbagai perlombaan seru dan edukatif dilaksanakan selama 3 hari. Adapun isi dari kegiatan tersebut di antaranya, Lomba Tenda Kreasi Koperasi, Lomba Paduan Suara Koperasi, Lomba Penyuluhan Perkoperasian, Lomba Reportase, Lomba Short Movie, Lomba Opera Van Galaksi, Lomba Simulasi Perkoperasian, Lomba Bussines Plan, Produk dan Daur Ulang, Lomba Kontingen Teraktif, Lomba Cipta Lagu Jingle Koperasi.

Peserta yang diharapkan berpartisipasi pada kegiatan galaksi ini adalah Koperasi Pemuda, Koperasi Mahasiswa dan Kontingen Perwakilan yang terdiri dari 10 siswa-siswi SLTA setiap Kota/Kabupaten di Jawa Timur yang di dampingi oleh Dinas Koperasi setempat.

Untuk mensukseskan Kegiatan Gelar Kreasi Pemuda Koperasi (GALAKSI) Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur menggandeng organisasi kepemudaan Koperasi diantaranya Badan Komunikasi Pemuda Koperasi (BKPK), Koperasi Pemuda Indonesia (KOPINDO) Korwil Jatim, Forum Komunikasi Pemuda Koperasi (FKKMI) Jatim, dan Assosiasi Koperasi Mahasiswa (AKM) Tingkat Kota/Kabupaten.

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Dekopinwil Jatim, Drs. Ec. Tri Harsono dengan melepaskan burung merpati, di dampingi oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang serta jajaran Dinas Koperasi baik Kabupaten/Kota dan Provinsi.

Dalam sambutannya, Ketua Dekopinwil Jatim, Drs. Ec. Tri Harsono yang didaulat menjadi inspektur upacara pembukaan Galaksi mengatakan, “bahwa Kegiatan Galaksi ini merupakan salah satu upaya mewujudkan program “Nawa Bhakti Satya” Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yakni Nawa Bhakti ke-7 yaitu “Jatim Berdaya,” katanya.

Beliau juga menambahkan, “bahwa dengan melalui kegiatan galaksi seperti ini, kami Dekopinwil Jawa Timur telah berupaya untuk turut mendukung dan berpartisasi mensukseskan progam Nawa Bhakti Satya Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, selain itu kegiatan ini dapat mendorong sumber daya manusia sebagai generasi muda yang mampu mengembangkan dan meningkatkan semangat berkoperasi dan berwirausaha,” tambahnya.

Tri Harsono juga berharap, “dengan memberikan apresiasinya kepada peserta Galaksi, antusiasme peserta tersebut menggambarkan cerahnya masa depan koperasi di masa mendatang sehingga dengan menggelar kegiatan ini dapat mendorong tumbuh kembangnya generasi muda yang lebih aktif dan berinovatif dalam berkoperasi dan berwirausaha.

“Mereka adalah kader koperasi, ditangan mereka koperasi akan jaya, saya sangat bangga terhadap peserta Gelar Kreasi Pemuda Koperasi (Galaksi) hal tersebut di karenakan, mereka mampu membuat produk yang layak untuk menembus pasar global,” harapnya.

Kita ketahui bersama bahwa generasi muda/millenial akan mampu memberikan warna baru dan membawa Koperasi untuk mengikuti perkembangan yang ada menjadi lebih maju dan modern. Karena dengan kemampuan mengikuti perkembangan teknologi dan kemampuan memunculkan ide-ide yang kreatif, generasi muda/milenial akan diberikan peran dan posisi yang strategis dalam mengembangkan usaha koperasi.

Melalui kegiatan Galaksi ini, akan membuka wawasan baru bagi para generasi muda koperasi terus mengasah kemampuan/ketrampilan khususnya dalam bidang koperasi dan wirausaha.

Dari generasi Galaksi ini dapat mewujudkan dan kembangkan ide-ide bisnis yang ada, latihlah kemampuan menghasilkan produk-produk yang berkualitas. Kedepan, generasi muda akan mendapatkan posisi strategis dalam mengembangkan koperasi dan UMKM.

Tri Harsono selaku inspektur upacara pembukaan Galaksi juga berkesempatan memberikan penghargaan secara simbolik kepada perwakilan peserta yang terdiri dari perwakilan Kopma dan Kopsis. Kemudian dilanjutkan dengan melepaskan sejumlah burung merpati yang menjadi simbol bahwa koperasi akan terbang tinggi dan jaya. “Terbang dan Jayalah Koperasiku”.

Dalam 10 kategori lomba tersebut di raih oleh: Kategori KREASI TENDA terbaik Juara 1 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Malang, Juara 2 diraih oleh Kontingen dari Kota Mojokerto, Juara 3 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Tulungangung, Juara 4 diraih oleh Kontingen dari Kota Probolinggo, Juara 5 diraih oleh kontingen dari Kota Blitar.

Kategori PADUAN SUARA Juara 1 di raih oleh kontingen dari Kota Mojokerto, Juara 2 diraih oleh Kontingen dari Kabupaten Mojokerto, Juara 3 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Lumajang, Juara 4 diraih oleh Kontingen dari Kota Malang, Juara 5 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Situbondo.

Kategori PENYULUHAN KOPERASI Juara 1 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Malang, Juara 2 diraih oleh Kontingen dari Kabupaten Situbondo, Juara 3 diraih oleh kontingen dari Kota Kediri, Juara 4 diraih oleh Kontingen dari Kabupaten Mojokerto, Juara 5 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Trenggalek.

Kategori REPORTASI Juara 1 diraih oleh kontingen dari Kota Surabaya, Juara 2 diraih oleh Kontingen dari Kota Batu, Juara 3 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Kediri, Juara 4 diraih oleh Kontingen dari Kabupaten Probolinggo, Juara 5 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Jember.

Kategori SNOT MOVIE Juara 1 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Malang, Juara ke 2 diraih oleh Kontingen dari Kabupaten Pamekasan, Juara 3 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Sidoarjo, Juara 4 diraih oleh Kontingen dari Kota Malang, Juara 5 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Gresik.

Kategori OPERA Juara 1 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Sidoarjo, Juara 2 diraih oleh Kontingen dari Kabupaten Malang, Juara 3 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Mojokerto, Juara 4 diraih oleh Kontingen dari Kabupaten Tulungagung, Juara 5 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Lumajang.

Kategori SIMULASI Juara 1 diraih oleh kontingen dari Kota Mojokerto, Juara 2 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Malang, Juara 3 diraih oleh kontingen dari Kota Kediri, Juara 4 diraih oleh Kontingen dari Kabupaten Pasuruan, Juara 5 diraih oleh kontingen dari Kota Probolinggo.  

Kategori BISNIS PLAN Juara 1 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Pamekasan, Juara 2 diraih oleh Kontingen dari Kota Blitar, Juara 3 diraih oleh kontingen dari Kota Pasuruan, Juara 4 diraih oleh Kontingen dari Kabupaten Sidoarjo, Juara 5 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Malang.

Kategori TERATRAKTIF Juara 1 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Lumajang, Juara 2 diraih oleh Kontingen dari Kabupaten Malang, Juara 3 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Banyuwangi, Juara 4 diraih oleh Kontingen dari Kota Probolinggo, Juara 5 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Trenggalek.

Kategori JINGGLE KOPERASI Juara 1 diraih oleh kontingen dari Kabupaten Situbondo, Juara 2 diraih oleh Kontingen dari Kabupaten Situbondo, Juara 3 diraih oleh kontingen dari Kota Malang, Juara 4 diraih oleh Kontingen dari Kota Mojokerto, Juara 5 diraih oleh kontingen dari Kota Pamekasan. Pada lomba Galaksi tersebut juara umum diraih oleh Kabupaten Malang. /bro

Category: Berita Daerah, Eksekutif, Pendidikan
author
No Response

Leave a reply "Dinas Koperasi dan UKM Jatim Gelar Kreasi Pemuda Koperasi (GALAKSI)"