Upaya Dinas Koperasi dan UKM Jatim dalam meningkat kan Produk KUKM di bidang Pangan

Warta Metropolis Jatim : Dalam rangka Peningkatan manajemen dan mutu produk Koperasi ,dan  Usaha Kecil Menengah ( KUKM ) di Provinsi Jawa-Timur , maka Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-Timur selaku pembina Koperasi dan asosiasi UKM di Jawa-Timur , menggelar kegiatan “ Workshop peningkatan Produk Koperasi dan UKM di bidang Pangan .

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-Timur selaku pelaksana program Pemerintah Provinsi Jawa-Timur , berupaya semaksimal mungkin untuk membangun komunikasi dengan berbagai asosiasi yang bergerak di bidang KUKM dalam meningkat kan mutu produk nya.

Dengan mengingat penting nya hal tersebut sebagai salah satu penunjang sukses nya program pemerintah Provinsi Jawa-Timur dalam meningkat kan tumbuh nya Koperasi dan UKM di Jawa-Timur.

Dalam kegiatan tersebut Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-Timur mengundang tiga Asosiasi binaan nya, diantara nya adalah AMJ ( Asosiasi Mamin Jawa-timur ) APUKW  Jatim ( Ajang Pengembangan Koperasi Wanita Jawa-Timur ) , FES Jatim ( Forum Ekonomi Jawa-Timur ).

Kegitan tersebut di buka secara langsung oleh Kepala Bidang Produksi , Restrukturisasi Usaha Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-Timur bpk Ir Sumbangto MM , mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-Timur bpk Dr Mas Purnomo Hadi MM , yang kebetulan saat bersamaan ada kegiatan Dinas yang tidak dapat ditinggal kan.

Dalam sambutan nya , Ir Sumbangto MM mengatakan ,” Pemerintah Provinsi Jawa-Timur , sangat peduli dengan perkembangan Koperasi dan UKM ini , maka dengan demikian , kami selaku Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-timur , berupaya untuk ingin selalu mendengar kan apa yang sangat di butuh kan oleh pelaku UKM , agar usaha nya maju dan mandiri .” katanya.

Dia juga menambah kan , “ bahwa kami mengundang asosiasi asosiasi ini dengan tujuan untuk saling bersinergi dan saling mendukung , yang mana fungsi nya adalah untuk saling mengisi dan melengapi satu dengan yang lain nya , sehigga saling menguntungkan , karena dengan bersatu seperti ini setiap permasalahan dapat teratasi dengan mudah .” Tambah nya.

“ Kami sangat berharap agar dengan pertemuan ini , nanti nya akan mampu membangun komunikasi yang baik satu tengan yang lain nya dan dapat saling menindak lanjuti apa yang telah disepakati bersama .” harap nya.

Dalam kegiatan tersebut juga telah di tanda tangani nota kesepakan bersama antar ketiga Asosiasi , yang mana kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkat kan usaha bersama dan saling mendukung , sehingga bermanfaat bagi anggota dari masing masing asosiasi nya.

Siti Ngaisah selaku Ketua APUK Jatim yang berasal dari Kab Madiun , saat di hubungi oleh Warta Metropolis , mengatakan ,” kerjasama antar asosiasi tersebut sangat lah penting dan bermanfaat bagi kita semua , yang mana dalam kerjasama tersebut telah kita tanda tangani bersama itu , adalah untuk saling mengisi dan memasar kan produk antar asosiasi , kerena dengan kerjasama ini , kita sama sama mendapat masukan dan kita dapat melihat sampai sejauh mana produk kita bila di banding dengan produk yang lain nya , dengan demikian secara tidak langsung , nanti nya kita dapat membenahi usaha kita lebih baik lagi , sehingga produk anggota kita akan dapat bersaing di luar dan menambah masukan ,” kata pengusaha kedaung ini.

Sementara Pak Jack selaku ketua AMJ ditemui oleh Warta Metropolis saat mengantar kan anggota nya berkunjung ke Dinas Koperasi dan UKM Jatim , mengatakan ,” kerjasama tiga Asososiasi yang telah di bangun oleh Dinas Koperasi dan UKM Jatim , dalam hal ini adalah Bidang Produksi , Restrukturisasi Usaha , memang sangat lah tepat dan sangat membantu kami pelaku UKM .” kata nya.

“ Selain itu , dengan di bangun nya kerjasama tersebut , tentu akan memudah kan AMJ dalam mencari bahan baku , bila di APUKW atau FES Jatim anggota nya memiliki usaha bahan baku yang seperti usaha kami , atau dari produk yang di hasil kan oleh APUKW dan FES Jatim dapat kami bawa untuk kami tawar kan kepada pelanggan kami baik secara media on line , pameran dan kegiatan yang lain nya.” Jelas nya.

Kami berharap, dengan dibangun nya kerjasama ini ,akan semakin kuat lah kita untuk bersaing dengan pihak luar , karena kita bersinergi untuk saling mendukung.” harap nya   

Ditempat yang berbeda , Ketua FES Jatim Lilik Maisaroh S.Pd selaku Ketua FES Jatim , saat di hubungi oleh Waarta Metropolis , menyampaikan ,bahwa dengan di tanda tangani nya kerja sama tersebut , FES Jatim sangat lah berterima kasih , karena dalam hal ini menurut saya FES Jatim sangat di untung kan , yang mana keberadaan kami selaku Asosiasi masih memerlukan bimbingan dan teladan dari para Senior – Senior kami seperti AMJ dan APUKW Jatim , yang sudah merasakan asam garam nya membina dan mengelolah anggota nya dengan baik dan menjadi besar seperti sekarang ini . “ jelas nya.

Lilik Maisaroh juga menambah kan , tentu kesempatan ini tidak akan kami sia-siakan , karena dengan kerjasama ini , kami dapat belajar banyak dan produk produk anggota kami akan lebih banyak mendapat kan masukan dari para senior , sehingga dengan demikian kami dapat membenahi kekurangan di produk anggota kami , disisi lain kami juga sangat berterima kasih dengan di bentuk nya kerjasama ini , karena kami dapat pesar baru dalam menjual dan menjalin kerjasama dengan pihak lain , tentu hal ini akan semakin menambah semangat dari anggota kami .” tambah nya.

Lilik Maisaroh juga berharap , dengan di tanda tangani nya kerjasama ini , akan semakin kompak para penggerak UKM yang di bina oleh Dinas Koperasi dan UKM Jatim , sehingga dapat bermanfaat bagi anggota , tentu nya secara tidak langsung akan dapat menggerakan roda perekonomian di keluarga nya masing masing, yang secara otomatis dapat meningkat kan pertumbuhan ekonomi didaerah nya masing-masing dan juga di Jawa-Timur .” tambah nya.

Kegiatan tersebut digelar dengan tujuan untuk meningkat kan Produk KUKM di bidang Pangan  bagi anggota Asosiasi , yang mana dengan kegiatan tersebut nanti nya diharap kan dari kerjasama para asosiasi dapat menggerakan perekonomian di Jawa-Timur melalui peningkatan produksi pangan yang di miliki oleh anggota asosiasi .

Hadir dalam kegitan tersebut bpk Ir Sumbangto MM selaku Kepala Bidang Produksi , Restrukturisasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jaw-Timur bersama kasie bpk Suratno dan jajaran nya , serta dua nara sumber yang sangat berkompeten di bidang nya , diantara nya adalah Prof .,Dr Teti Estiasih .,STP.,MPdari Universitas Brawijaya Malang dengan materi “ Penggunaan bahan tambahan pangan yang aman , Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Malang bpk Drs  Eko Suhartono MM dengan materi membangun Mutu  ( Meningkatkan daya saing usaha dan produk melalui standart mutu UMKM ) .

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh 35 anggota dari AMJ ( Asosiasi Mamin Jawa-Timur ) ,  35 anggota dari APUKW Jatim ( Ajang Pengembangan Koperasi Wanita Jawa-Timur ) ,30 anggota dari FES Jatim ( Forum Ekonomi Syariah Jawa-Timur ) .

Acara tersebut di gelar di Hotel Kusuma Agrowisata , jl. Abd Gani Atas Ngaglik Kec Batu , pada hari Senin –Selasa  tanggal 17-18 Juni 2019./ bro

Category: Berita Daerah, Ekonomi, Eksekutif, FES Jatim, Komunitas, Koperasi, Media Pembagunan
author
No Response

Leave a reply "Upaya Dinas Koperasi dan UKM Jatim dalam meningkat kan Produk KUKM di bidang Pangan"