Sekitar 700 Item Dari 100 Stand Ramaikan HUT FES Jatim Ke 1 Tahun Di Taman Rekreasi Telogo Sewu Pandaan

Warta Metropolis Jatim, Walau masih berumur setahun, Forum Ekonomi Syariah Jawa Timur (FES Jatim), merupakan langkah awal dimulainya sebuah kebersamaan anggota FES Jatim.

Pada hari Minggu (10/2), Sekitar 700 item dari 100 stand, yang berasal dari utusan 21 Korwil Kabupaten / Kota hadir bersama pelaku UMKM lainnya, ramaikan HUT FES Jatim Ke 1 Tahun dengan menggelar  acara “Temu Kangen, Rekreasi dan Gelar Produk bersama”.

Acara yang tersebut dibuka secara langsung oleh Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur Dr. Mas Purnomo Hadi,. MM dalam sambutannya Kadis Koperasi dan UKM Prov Jatim mengatakan, “bahwa Forum Ekonomi Syariah Jatim harus mampu menunjukkan kebersamaan dalam mewujudkan amanahnya dan harus bersinergi dengan para pelaku UKM lainnya, karena FES Jatim merupakn salah satu wadah untuk mengaplikasihkan keinginan ibu-ibu dalam berwirausaha dan berkoperasi,” sampainya.

Dr. Mas Purnomo Hadi,. MM juga menambahkan, “FES Jatim, harus terbuka dan harus mau menerima asosiasi lainnya untuk bersinergi dan bekerjasama dalam memajukan UMKM di Jawa Timur,” tambahnya.

Beliau juga berharap, “saya mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 1 tahun kepada FES Jatim dan saya juga berharap agar kedepan FES Jatim lebih sukses dan lebih amanah dalam menjalan kan tugasnya, sehingga bermanfaat dan barokah buat anggotanya dan masyarakat,” harapnya.

Semntara itu Kadis Koperasi Kabupaten Pasuruan Henis Widoyanto dalam sambutannya mengatakan, “bahwa  kami dari jajaran Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pasuruan sangat mendukung FES Jatim ini, karena pada tahun lalu, juga melakukan audensi ke dinas kami, kami menyambut baik keberadaannya,” katanya.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada FES Jatim yang ke 1 tahun, kami berharap agar FES Jatim juga mampu bersinergi  dengan kita dalam mewujudkan program pemerintah, untuk menyejahterakan anggota dan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu Lilik Maisaroh S.Pd dalam sambutannya, menyampaikan rasa terima kasih kepada para pengunjung dan tamu yang hadir, yang telah ikut serta meramaikan HUT FES Jatim ke 1 tahun ini,” ucapnya.

Dalam penyampaiannya Lilik menjelaskan, “bahwa kegiatan ini, merupakan wujud dari  kebersamaan kami bersama anggota, pelaku UKM lainnya dan masyarakat dan kegiatan ini juga merupakan sebagai aplikasi dari rohnya berkoperasi yang kita wujudkan, yaitu dari anggota untuk anggota dan bermanfaat oleh anggota, artinya dana infak Rp 15.000 yang di berikan oleh anggota dalam setiap kegiatan tingkat Provinsi dibagi 2 dengan Korwilnya masing-masing sebesar 7.500 dan yang dari khas FES Jatim ini yang kita gunakan untuk membiayai kegiatan ini, jadi dana infak dari anggota, kita kembalikan kepada anggota berupa kegiatan ini dan manfaatnya anggota bisa mempromusikan produksinya dan menjual secara langsung kepada masyarakat,” jelasnya.

“Kegiatan itu semuanya gratis baik tiket masuk, stand dan makan bersama, kami mengundang 250 peserta secara gratis dan 100 peserta secara gratis, juga makan bersama secara gratis pula, selain itu panitia juga mengundang 50 tamu undangan, semua biaya kegiatan ini diambil dari Khas FES Jatim,” tambahnya.

Dalam kegiatan Gelar Produk bersama dari hasil laoran pendataan panitia setikar 75.000.000 roda transaksi jual beli diacara tersebut mulai pukul 10 pagi s/d 16.00 sore, hanya dalam waktu 7 jam gerakan roda ekonomi bergerak, belum lagi yang kontak pesanan berlanjut, seperti dari Stand Korwil Kabupaten Jombang milik Ibu Novi yang mendapat pesanan 500 buah tas belanja, yang sebelumnya sudah mendapat pesanan 1.500 biji, belum lagi pesanan batik dari dan indent produk yang lainnya. Bagai mana bila kegiatan tersebut di gelar secara rutin akan banyak mendukung pertumbuhan ekonomi, baik dari sektor pariwisata dan pelaku UMKM dan masyarakat sekitarnya yang sama sama menguntungkan.

Kegiatan itu di hadiri  oleh Kadis Koperasi dan UKM Prov Jatim Dr. Mas Purnomo Hadi,. MM, Kadis Koperasi Kabupaten Pasuruan Henis, Kadis Kabupaten Lumajang Abd Majid, Camat Pandaan , Lurah Telogo Sewu, Kapolsek Pandaan, para tamu undangan dan 21 utusan Korwil Kabupaten / Kota.

Dalam acara tersebut juga di kukuhkan 5 Korwil yang baru diantaranya Korwil Kabupaten Mojokerto, Korwil Blitar Raya, Korwil Malang Raya, Korwil Kota Pasuruan, Korwil Kabupaten Pasuruan, selain itu juga ada kerjasama antara FES Jatim dan STAINIM, serta Universitas Yudharta Pasuruan. /bro

Category: Berita Daerah, Berita Nasional, FES Jatim, Media Pembagunan
author
No Response

Leave a reply "Sekitar 700 Item Dari 100 Stand Ramaikan HUT FES Jatim Ke 1 Tahun Di Taman Rekreasi Telogo Sewu Pandaan"