Peredaran transaksi antar anggota FES Jatim ( Forum Ekonomi Syariah ) serta produk yang terjual selama bulan Ramadhan tembus pada nominal 1 M lebih.

Warta Metropolis Jatim : Perekonomian kembali bergerak saat memasuki bulan Suci Ramadhan ini .Berbagai ragam transaksi di dalam keanggotaan Forum Ekonomi Syariah Jawa-Timur pada malam menjelang takbir tercatat sekitar 1 M transaksi dari anggota FES Jatim serta beberapa kegiatan selama bulan Suci Ramadhan .

Seperti biasa nya para anggota melaksanakan jual beli melalui media  WA di dalam group maupun secara pribadi , dari laopran yang di terima oleh Humas FES Jatim , transaksi yang paling menonjol adalah pada jenis makanan khusus nya kue kue dan mamin yang di guna kan untuk persiapan Lebaran mencapai sekitar 375 juta ,sedangkan untuk jenis pakaian , herbal dll sekitar 200 juta , sedangkan untuk yang lain nya seperti Handycraf , acsesoris , dll sekitar 150 juta , sementara untuk Batik dan bordir sekitar 350 juta

Transaksi jual bei masing masing Korwil sejatim menunjuk kan angka yang sama dengan  15 Korwil masing masing sekitar 75 juta s/d 200 juta , yang mana dominasi transaksi yang cukup tinggi masih di dominasi oleh Korwil Sidoarjo , Korwil Kab Lumajang , Korwil Kab Kota Pasuruan dan Korwil Kab Pasuruan  , memang ke empat Korwil tersebut mobilitas kegiatan nya di bulan Ramadhan ini cukup tinggi , sehigga banyak produk produk yang terjual di pameran dan transaksi antar anggota di Korwil tersebut.

Sedangkan untuk korwil lain memang ada beberapa yang kurang , namun di banding tahun yang lalu cukup menggembira kan tahun ini  , karena sudah banyak anggota FES dari Korwil tersebut yang dulu belum punya usaha sekarang sudah banyak yang berwirausaha.

Ini merupakan sentimen pasar yang positif bagi anggota FES Jatim , karena FES Jatim sdah punya pasar sendiri yaitu anggota FES itu sendiri , yang setiap hari semakin bertambah banyak.

Ir. Sumbangto .MM selaku Penasehat FES Jatim , saat di hubungi oleh Warta Metropolis , menjelas kan ,” FES Jatim merupakan satu wadah yang sangat bagus untuk para pelaku UMKM di Jawa-Timur , mengingat selain memiliki jaringan yang cukup banyak , FES Jatim telah di Koordinir di masing masing Kabupaten dan Kota , yang secara system sudah menunjuk kan betapa terorganisir nya Wadah yang bernama fes Jatim ini.” Jelas nya. 

Salah satu dari kekuatan FES Jatim itu sendiri adalah kemampuan nya untuk mandiri sangat besar dan kuat , sehingga dalam kondisi apapun , FES Jatim dapat menunjuk kan jati diri nya , yaitu ekonomi Syariah nya yang sudah tertanam dengan baik .” tambah nya.

Sumbangto , juga berpesan , dengan momentum yang seperti ini agar FES Jatim dapat berperan aktif dalam menggerak kan roda perekonomian di daerah , sehingga dapat terwujud amanah nya , mencipta kan setiap wanita sebagai wirausaha yang mandiri .” pesan nya.

Sementara itu , Lilik Maisaroh S.Pd selaku Ketua FES Jatim , saat di hubungi oleh Warta Metropolis , juga mengatakan , bahwa dari berbagai kegiatan yang diadakan di setiap Korwil menunjuk kan gerakan yag sangat baik dalam mempromusikan produk produk anggota , terutama dalam bulan Ramadhan ini , banyak sekali pesanan dan produk yang laku di pameran dan event event tertentu . “ katanya.

Lilik Juga menambah kan , bahwa ini merupakan salah satu momen tersendiri bagi kami dalam mewujud kan amanah setiap wanita sebagai wirausaha yag mandiri , selain itu peran serta Dinas terkait juga berperan penting dalam mendukung semua ini .” tambah nya.

Besar nya nilai transaksi tersebut belum termasuk pesanan seperti Sepatu , batik , gorden dan perhiasan, seragam serta produk lain nya.

Mengingat besar nya FES Jatim yang memiliki anggota di 22 Kab dan Kota , membuat penjualan antar anggota semakin banyak ./bro

Category: Berita Daerah, Ekonomi, FES Jatim, Media Pembagunan, Produk FES Jatim, Produk UMKM FES Jatim
author
No Response

Leave a reply "Peredaran transaksi antar anggota FES Jatim ( Forum Ekonomi Syariah ) serta produk yang terjual selama bulan Ramadhan tembus pada nominal 1 M lebih."