Dinas Koperasi dan UKM Jatim Gelar “ Penguatan Usaha KUKM melalui magang pembuatan Kain Lukis

Warta Metropolis Jatim : Dalam rangkah menembangkan Usaha Usaha Mikro Kecil Menengah ,Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur  selaku pelaksana tugas Provinsi Jawa-Timur mengadakan kegiatan “ Penguatan Usaha Koperasi , Usaha Mikro Kecil ( KUKM ) melalui magang pembuatan Kain Lukis.

kegiatan tersebut bertujuan untuk mengaktifkan kemampuan ibu ibu anggota koperasi dan Usaha Mikro Kecil yang tangguh, kreatif dan mandiri serta adaptif terhadap perkembangan wirausaha saat ini melalui kegiatan magang tersebut , sehingga diharapkan menjadi media wahana untuk memupuk jiwa wirausaha dan kebersamaan serta kemandirian untuk berwirausaha kepada ibu ibu pelaku wirausaha.

Kegiatan tersebut digelar pada hari Senin – Jumat, 24 – 28 Juni 2019 di UD Zahidah dengan alamat KH Mansur no 58 Ledok Wetan -Bojonegoro

Kegiatan edukatif tersebut dilaksanakan selama 5 hari , dengan di isi keahlian menulis di kain yang berupa media Baju , Tas dan Dompet

Acara tersebut di buka secara langsung oleh ibu Dwi salah satu Staf jajaran Dinas Koperasi dan UKM Prov Jatim yang mewakili bpk Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-Timur bapak Dr Mas Purnomo Hadi MM yang kebetulan saat itu bersamaan dengan tugas lain .

Dalam sambutan nya , Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-Timur yang di bacakan oleh bu Dwi, mengatakan bahwa Kegiatan magang ini merupakan salah satu upaya mewujudkan pemerintah Provinsi Jawa-Timur dalam menyukses kan program “Nawa Bhakti Satya” dari Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yakni Nawa Bhakti ke-7 yaitu “Jatim Berdaya“. Kata nya.

Beliau juga menambah kan, bahwa dengan,” Melalui kegiatan magang seperti ini, kami Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-Timur telah berupaya untuk turut mendukung dan berpartisasi mensukseskan progam Nawa Bhakti Satya Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, selain itu kegiatan ini dapat mendorong sumber daya manusia sebagai wanita yang mampu mengembangkan dan meningkatkan semangat berkoperasi dan berwirausaha” tambah nya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa-Timur juga berharap , dengan memberikan apresiasinya kepada peserta peserta magang yang sangat antusias yang mendorong tumbuh kembang nya para ibu ibu yang lebih aktif dan berinovatif dalam berkoperasi dan berwirausaha

“Mereka adalah wanita wirausaha , mereka mampu membuat produk yang layak untuk menembus pasar global .” harap nya.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh sepuluh duta wirausaha dari Asosiasi Handycraf Jawa Timur ( AHJ ) dan FES Jatim ( Forum Ekonomi Syariah Jawa-Timur ) yang masing masing mengirim kan lima utusan nya.

Sementara itu bpk IR Sumbangto MM selaku Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa-Timur , saat di temui oleh Warta Metropolis di ruang kerja nya , menjelas kan ,’ bahwa dengan mengikuti kegiatan magang selama lima hari tersebut , para duta dari utusan masing masing asosiasi tersebut , nanti nya akan merasakan betapa mudah nya berkreasi tersebut , karena di bimbing dan di latih langsung oleh ahli nya , sehingga ilmu nya dengan mudah di serap oleh peserta magang tersebut .” terang nya.

“ Dia juga berharap .” setelah mengikuti magang tersebut kami berharap para peserta tersebut dapat tertular menjadi wirausaha yang handal dan tentu nya akan dapat mendukung muncul nya wirausaha baru yang mandiri , sehingga dari hasil kegiatan magang tersebut tepat sasaran dan tentu nya manfaat nya akan dirasakan oleh masyarakat , apalagi sampai sukses dengan banyak pesanan untuk berproduksi , tentu akan menambah inkam untuk keluarga nya dan menggerak kan roda perekonomian daerah , apalagi jika sudah dapat menyerap tenaga kerja , ini juga akan membantu pemerintah dalah hal penyerapan tenaga kerja .” harap nya.

Di sisi lain Indah Yuli ( iin ) salah satu peserta dari Kabupaten Madiun , saat ditemui oleh Warta Metropolis , memgatakan ,” kami sangat senang dan bersyukur dapat mengikuti kegiatan magang seperti ini .” jelas nya.

Ia juga menambahkan ,” dengan magang ini , kami yang tidak dapat dan tidak pernah menyentuh alat tulis kain tersebut , di bimbing dan di latih dengan sabar dan luar biasa ilmu nya sangat bermanfaat sekali , sehingga sampai saat ini kami merasa kan ingin berkarya lagi setelah magang ini , selain karya yang di pelajari sangat bagus dan tehnik pembuatan nya sangat mudah setelah mengikuti magang tersebut .” tambah nya.

Iin juga menyampai kan bahwa kami ingin menular kan ilmu magang yang diperoleh nya kepada para anggota nya yang ada di Korwil Madiun Raya , sehingga nanti nya kami dapat berkarya bersama , mencipta kan sebuah karya kas daerah kami dari lukis kain ini .’ sampai nya.

Sementara itu , ibu Muji Rahayu salah satu peserta dari Kabupaten Gresik , juga menyampai kan kebanggaan nya atas karya nya , sambil menunjuk kan hasil karya nya yang memang penuh kreatif tersebut.

Memang Pemerintah Provinsi Jawa-Timur sangat konsisten dalam menumbuh kan Wirausaha –wirausaha baru dan mencipta kan UKM –UKM yang mandiri , maka nya tidak heran bila Provinsi Jawa-Timur ini menjadi lumbung nya pelaku UKM –UKM yang handal.

Sementara itu Dinas Koperasi dan UKM Jatim sangat mendukung sekali dengan pertumbuhan UKM dengan memberikan fasilitasi –fasilitasi kegiatan apa yang di ingin kan oleh masyarakat .

Maka dengan demikian pemerintah dan masyarakat sangat lah bersinergi untuk mencipta kan kebersamaan dan kesejahteraan di Jawa-Timur.

Semoga dengan dukungan ini , pertumbuhan perekonomian semakin meningkat dan semakin mantap pula UKM nya Jawa-Timur..aamiin.  

Category: Berita Daerah, Ekonomi, Eksekutif, FES Jatim, Komunitas, Media Pembagunan, Popular, Wirausaha
author
No Response

Leave a reply "Dinas Koperasi dan UKM Jatim Gelar “ Penguatan Usaha KUKM melalui magang pembuatan Kain Lukis"