Hari Diabetes RS Delta Surya Sidoarjo Gelar “Hidup Sehat Dengan Diabetes”

Warta Metropolis Sidoarjo, Menurut WHO jumlah penderita Diabetes Mellitus di dunia terus meningkat dan tercatat saat ini mencapai 422 juta orang, empat kali lebih banyak daripada 30 tahun yang lalu. Saat ini di Indonesia, Diabetes Mellitus merupakan penyakit mematikan ketiga setelah stroke dan jantung. Diabetes Mellitus sendiri merupakan kontributor dan faktor resiko paling berbahaya terhadap stroke dan penyakit jantung. Diperkirakan dalam 10 tahun ke depan jumlah penderita Diabetes Mellitus di Indonesia meningkat antara dua sampai dengan tiga kali lipat jumlah saat ini. Pencegahan dan penanganan yang tidak tepat dan paripurna dapat mengakibatkan komplikasi yang berakibat pada penurunan produktivitas penderita.

Dalam rangka memperingati Hari Diabetes Nasional yang jatuh pada tanggal 18 April 2019, Rumah Sakit Delta Surya menyelenggarakan seminar kesehatan untuk masyarakat awam dengan tema “Hidup Sehat Dengan Diabetes” yang diselenggarakan pada tanggal 27 April 2019 di Gedung Serbaguna RS Delta Surya Sidoarjo dan paket pemeriksaan Diabetes Mellitus yang berlangsung dari mulai tanggal 18 April 2019 sampai dengan tanggal 18 Mei 2019.

Direktur RS Delta Surya Sidoarjo, dr. Maya Syahria Saleh, M. Kes mengatakan, “hari Diabetes tahun 2019 kali ini kami selenggarakan sebagai bentuk bakti RS Delta Surya kepada masyarakat Sidoarjo pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya guna meningkatkan pengetahuan masyarakat awam tentang Diabetes dimana seperti kita ketahui Diabetes telah menjadi masalah kesehatan yang besar yang dapat mengganggu produktivitas seseorang dan masyarakat sehingga dapat pula menjadi masalah ekonomi bagi keluarga dan negara. Kami juga mengundang FES (Forum Ekonomi Syariah) Korwil Sidoarjo karena kami menganggap bahwa ibu-ibu yang ada di Forum Ekonomi Syariah dapat menjadi motor penggerak dalam melakukan pencegahan dan sosialisasi Diabetes Mellitus di komunitasnya. Kegiatan seminar ini juga ditujukan untuk mengenalkan Rumah Sakit Delta Surya pada masyarakat akan layanan-layanan kesehatan yang dimilikinya agar masyakat dapat mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang terbaik. Salah satu layanan kesehatan RS Delta Surya dalam mensupport layanan Diabetes Mellitus, yang akan segera dibuka di RS Delta Surya adalah Phaecoemulsifikasi untuk katarak. Akhirnya, diharapkan pasca diselenggarakannya acara ini pengetahuan dan kewaspadaan masyarakat akan penyakit Diabetes Mellitus semakin meningkat sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kecacatan akibat Diabetes Mellitus serta mendekatkan masyarakat pada layanan-layanan kesehatan yang ada di RS Delta Surya,” jelasnya.

Menurut ketua panitia seminar awam RS Delta Surya, yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Pelayanan Medis RS Delta Surya, dr. Wahyu Febriansyah, S. Ked. tema seminar “Hidup Sehat Dengan Diabetes” diangkat agar masyarakat dapat melakukan pencegahan timbulnya penyakit Diabetes Mellitus dan masyarakat tetap dapat hidup sebagaimana orang normal meskipun menderita Diabetes Mellitus karena sesungguhnya komplikasi Diabetes Mellitus dapat dicegah dengan pola hidup yang baik dan rutin kontrol ke dokter. Acara seminar awam ini diawali dengan senam diabetes bersama di halaman RS Delta Surya yang dilanjutkan dengan pemeriksaan Gula Darah Acak dan sarapan bersama dengan menu Diabetes yang telah diracik sedemikian rupa oleh nutritionis RS Delta Surya agar tetap lezat dan menarik untuk dikonsumsi. Dalam rangkaian seminar awam ini juga disediakan pemeriksaan penapisan katarak oleh dr. Lydia Nuradianti, Sp.M bagi peserta seminar mengingat salah satu komplikasi Diabetes Mellitus adalah Retinopathy, dimana terjadi kerusakan syaraf mata yang disebabkan oleh Diabetes Mellitus yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kebutaan,” jelasnya.

Dr Wahyu juga menambahkan bahwa, “seminar awam ini diisi oleh 3 orang pemateri, dimana kesemuanya adalah dokter spesialis yang berpraktik di RS Delta Surya yang berkompeten di bidangnya yaitu dr. Puguh Widagdo, SpPD Finasim dengan materi yang disampaikan “Saya Diabetes, gimana dong? Beliau menyampaikan bahwa seorang penderita Diabetes Mellitus perlu menerapkan 5 pilar pengobatan Diabetes yaitu Edukasi, Diet, Konsultasi, Kontrol, dan Olahraga. Pemateri selanjutnya dengan materi “Hubungan Mata dengan Diabetes” yang disampaikan oleh dr. H. M. Tauhid Rafii, SpM, beliau menitipkan pesan agar penderita Diabetes Mellitus agar tetap mengontrol pola hidup dan gula darahnya agar tidak sampai timbul komplikasi pada mata akibat Diabetes Mellitus seperti Retinopathy, Katarak, dan Glaukoma yang dapat berakibat kebutaan. Materi terakhir disampaikan oleh dr. Ayudya Andriasari, Sp. KFR., M. Ked Klin dengan tema “Tetap Bugar dengan Diabetes,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut juga diisi oleh beberapa kegiatan diantaranya, senam bersama, seminar, gelar produk anggota Forum Ekonomi Syariah, cek kesehatan, diabet, mata dan pembagian hadiah kepada peserta seminar. /bro

Category: Berita Daerah, FES Jatim
author
No Response

Leave a reply "Hari Diabetes RS Delta Surya Sidoarjo Gelar “Hidup Sehat Dengan Diabetes”"